Tour Pulau Sangiang – Pulau Sangiang adalah salah satu pulau yang terletak di selat sunda yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia.

Dalam posting kali ini, kami akan membahas beberapa spot wisata yang ada di Pulau Sangiang yang berbeda dari destinasi wisata lainnya. Karena dengan informasi seperti ini, kamu bisa memutuskan, akan mengunjungi sangiang atau berpindah lokasi.

Salah satu spot wisata yang paling unik adalah Goa Kelelawar Pulau Sangiang.

Untuk mencapai lokasi ini, setiap wisatawan harus trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit menyusuri hutan di Pulau Sangiang. Vegetasi hutan yang dilalui pun beragam.

Hutan pertama adalah area ilalang dimana banyak rerumputan liar yang tumbuh tinggi sehingga menyulitkan kita untuk melangkah. Kami sarankan untuk menggunakan celana panjang untuk aktivitas trekking ini.

tour pulau sangiang

Hutan kedua adalah area hutan bakau, di sini kita harus menyusuri rawa-rawa yang di kanan jalur trekking terdapat banyak pohon bakau. Kami sarankan bawa autan, karena sering banyak nyamuk yang mengganggu selama perjalanan.

tour pulau sangiang

Setelah melalui dua area hutan tersebut, traveller harus mendaki dan menuruni bukit kecil untuk mencapai Goa Kelelawar. Di sini semua capek selama trekking terbayarkan oleh pemandangan unik dan jarang ada di tempat mana pun.

tour pulau sangiang

Goa Kelelawar ini bukan sekadar goa. Goa ini mungkin lebih tepat disebut lorong air karena goa ini terhubung dengan lautan luas selat sunda. Tak heran, bila pasang, air laut masuk dengan ganasnya.

Hal menarik lainnya dari goa kelelawar ini adalah, pada saat-saat tertentu, sering terlihat hiu-hiu kecil yang berseliweran di area sekitar goa kelelawar. Apa lagi kalau bukan menunggu kelelawar jatuh untuk mereka makan.

Selain hiu, terdapat ratusan ikan yang terjebak di dalam goa. Dari beberapa informasi yang team trip santai kumpulkan, ikan-ikan tersebut berada di dalam arus goa sehingga agak susah untuk keluar, dan harus menunggu surut tiba.

Salah satu warga mengatakan, di dalam Goa Kelelawar terdapat banyak sarang burung walet yang cukup banyak jumlahnya. Namun warga tidak berani ambil karena di ujung goa, sudah masuk area laut dalam, dan biasanya banyak hiu yang ukurannya lebih besar berseliweran untuk mencari makan. Ngga mau kan jadi makanannya hiu ? Hiii !

Eksotisme Pulau Sangiang memang tidak ada habisnya untuk dibahas, masih banyak spot wisata lainnya yang bisa dikunjungi selama di sangiang. Salah satunya Goa Saung Tungku.

Bagi yang ingin mengunjungi Pulau Sangiang, baca dulu postingan kami mengenai transportasi menuju ke Pelabuhan Paku. Kamu bisa menggunakan bus atau naik kereta, sesuai preferensi masing-masing.

Untuk traveller yang ngga mau ribet untuk tour pulau sangiang, team trip santai menyarankan menggunakan jasa tour organizer untuk mengatur semua kebutuhan kamu selama tour di Pulau Sangiang.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Pulau Sangiang ?

Share This: