• Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean 6D5N via Palu

Kepulauan Togean Sulawesi Tengah – Pulau Togean adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.
Pulau Togean. jauh namun, dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Pulau togean ampana jarang dikenal domestik, namun diketahui wisatawan mancanegara, memiliki beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Pulau Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge serta bertemu dengan Suku Bajo. Beberapa lokasi di kepulauan togean antara lain : Pulau Kadidiri, Una-Una, Batudaka, Taipi, & Siatu

Togean Island !

 Kepulauan Togean Sulawesi Tengah Snorkeling, Diving, Exploring, & Interact with the local.

Kepulauan Togean Sulawesi Tengah – Pulau Togean adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Pulau Togean. jauh namun, dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Pulau togean ampana jarang dikenal domestik, namun diketahui wisatawan mancanegara, memiliki beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Pulau Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge serta bertemu dengan Suku Bajo.

Beberapa lokasi di kepulauan togean antara lain :

Pulau Kadidiri

Pulau ini memiliki panorama pantai yang sangat indah. Deretan batu karang yang terjal melengkapi pesona tempat ini. Lokasi snorkeling dan menyelam di sini sangat bagus. Tak heran, Pulau Kadidiri menjadi pulau yang paling menyita perhatian wisatawan.
Sekitar 16 km arah timur laut dari Pulau Kadidiri, tersimpan bukti sejarah Perang Dunia II. Di sini, terdapat reruntuhan pesawat B 24, pesawat pembom milik sekutu. Hingga kini, bangkai pesawat ini masih utuh. Banyak ikan dan terumbu karang tumbuh di reruntuhan pesawat ini.
Di sini, juga terdapat fasilitas akomodasi, berupa penginapan dengan harga terjangkau.

Una-Una

Di pulau ini, terdapat Gunung Colo, dengan ketinggian sekitar 2.509 meter. Gunung ini merupakan gunung berapi yang hingga kini masih aktif. Pulau Una-Una dipercaya memiliki kawasan untuk menyelam yang terbaik di seluruh Kepulauan Togean.

Batudaka

Batudaka adalah pulau terbesar di Kepulauan Togean. Pulau ini juga paling mudah dijangkau. Di pulau ini, terdapat desa yang bernama Bomba. Bomba merupakan kawasan pemukiman. Jadi, di tempat ini para wisatawan dapat mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Togean. Di kawasan ini juga terdapat hutan bakau dengan panorama yang sungguh memikat, dengan suasana yang sangat tenang.

Taipi

Inilah surga bagi para pencinta olahraga menyelam. taipi island memiliki pemandangan alam bawah laut yang luar biasa cantik. Yang lebih dahsyat adalah dalam jarak lima meter dari garis pantai, pantai di Pulau Taipi sudah ditumbuhi terumbu karang yang menciptakan pemandangan memikat. Jadi, tidak perlu menyelam untuk dapat menikmati keindahan terumbu karang ini. Jarak Pulau Taipi dengan Pulau Kadidiri sekitar 4 kilometer.

Siatu

Pulau ini dihuni oleh Suku Bajo. Jadi, di tempat ini wisatawan akan disuguhi eksotika pemukiman Suku Bajo. Suku Bajo adalah suku laut yang legendaris. Suku ini sangat terkenal sebagai pelaut ulung. Warga Suku Bajo bahkan membangun perkampungan mereka menjorok ke arah lautan.

Kundurang

Kundurang adalah lokasi pemancingan ikan laut. Pulau ini berlokasi di tengah laut karang. Degradasi warna air membuat di tempat ini benar-benar menawan. Karang-karang di tempat ini sungguh menakjubkan. Sangat indah dan dapat dilihat dari atas perahu karena air yang sangat jernih.

 

KEPULAUAN TOGEAN 6D5N PACKAGE (MEETING POINT BANDARA ALJUFRI PALU )

TRIP PRICE
MIN 2 PERSON IDR 4,400,000/PAX
MIN 4 PERSON IDR 3,400,000/PAX

SCHEDULE

DAY 1 (NO MEALS)

Pada hari ini anda akan dijemput di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah, menuju kantor Travel mobil Eksekutif Palu – Ampana. Pemberangkatan mobil Palu – Ampana setiap pukul 09.00 dan 17.00 WITA. Perjalanan menuju Ampana dari Palu ditempuh dalam waktu 9 Jam, sebagian besar menyusuri pesisir Teluk Tomini. Makan dan istirahat dalam perjalanan menyesuaikan dengan waktu makan. Tiba di Ampana, Check Inn Hotel dan istirahat

DAY 2 (MP,MS,MM)

Sarapan pagi, persiapan menuju Wakai, pusat perdagangan di Kepulauan Togean. Ke Pelabuhan Ampana dengan Bendi. Perjalanan ke Wakai dengan speedboat reguler selama 80 menit. Tiba di Wakai, pindah ke private boat trip. Menuju Pulau Taipi. Snorkeling intro di Pulau Taipi. Pulau kecil berpasir putih dikelilingi karang tepi (fringing reef) dan drop off yang terlihat jelas hingga ke dasarnya.

Setelah snorkeling, makan siang dan melanjutkan perjalanan menuju Danau Ubur- Ubur (Stingless Jellyfish Lake). Danau seluas lapangan bola yang dihuni Ubur-ubur langka yang tidak menyengat (stingless jellyfish) menjadi spot snorkeling selanjutnya. Di sini kita akan Berenang dan foto dikelilingi ubur-ubur. Setelah snorkeling, perjalanan dilanjutkan menuju Resort untuk makan malam & Istirahat

DAY 3 (MP,MS,MM)

Bangun pagi, kopi/teh nikmati sunrise. Sarapan pagi. Persiapan Trip Seratus Pulau Kabalutan.  Perjalanan menuju Kabalutan, kampung Bajo terbesar di Kepulauan Togean ditempuh 60 Menit dengan melewati selat kecil berkelok yang ditumbuhi Bakau. Ekplorasi Kabalutan meliputi menyaksikan kehidupan masyarakat Bajo, menikmati pemandangan kampung apung, mendaki

bukit batu dan menyusuri pulau-pulau kecil di sekitar selat Kabalutan. Makan siang di Kabalutan. Selesai ekplorasi Kabalutan, Trip dilanjutkan menuju Pulau Papan melalui selat kecil hutan bakau. Eksplorasi kampung Bajo Pulau Papan dengan menyaksikan kehidupan masyarakat, mendaki bukit batu untuk menyaksikan pemadangan Pulau Papan, menyusuri  jembatan panjang yang hubungkan Pulau Papan dengan Pulau Malenge. Selesai Ekplorasi Pulau Papan, kembali ke Resort. Perjalanan menuju Resort melewati Pulau Malenge, Pulau Angkaiyo, Pulau Langkara dan Pulau Tongkabo, ditempuh dalam waktu 40 menit. Menikmati sunset dalam perjalanan kembali ke Resort Pukul 19.00 Wita makan malam dan acara bebas.

DAY 4 (MP,MS,MM)

Bangun pagi, kopi/teh nikmati sunrise. Sarapan pagi. Aktivitas pagi dilanjutkan dengan snorkeling di Hotel California reef, gugusan terumbu karang indah di tengah laut. Selesai snorkeling kembali ke resort. Makan siang dan istirahat. Jelang sore, Minum kopi/teh,

bersantai, berenang atau snorkeling serta menikmati suasana sunset di resort. Pukul 19.00 Wita Makan Malam. Dilanjutkan acara bebas

DAY 5 (MP,MS,MM)

Bangun pagi, kopi/teh nikmati sunrise. Sarapan pagi. Check out dari Bolilanga Resort. Menuju Pantai Karina. Pantai berpasir putih halus menjadi tempat persinggahan sebelum kembali ke Wakai. Tiba di Wakai berpindah ke Speedboat reguler menuju Ampana. dari Wakai menuju Ampana di tempuh 80 menit. Tiba di Ampana, istirahat menunggu jadwal mobil menuju Palu, pukul 17.00 WITA. Perjalanan menuju Palu selama 9 Jam. Makan malam di perjalanan. Tiba di Palu, Check Inn Hotel (EXCLUDE) dan Istirahat.

DAY 6 (MP)

Pagi hari Sarapan dan menuju Bandara sesuai dengan jadwal penerbangan. Trip Selesai. Sampai jumpa di trip selanjutnya.

Harga Termasuk :

  • Travel Palu – Ampana PP
  • Penjemputan Bandara Palu
  • Tiket Speedboat Reguler Ampana – Wakai PP
  • Boat Kayu Mesin Tempel Selama Tour di Togean
  • 3 Malam di Resort Kepulauan Togean (Kamar Standar)
  • 1 Malam di Hotel Ampana
  • Meals selama tour
  • Kopi/Teh di Resort
  • Air Mineral 600ML di boat (1 Btl/Org/Hari)
  • Tour Leader

BONUS : DOKUMENTASI UNDERWATER (TRANSFER FLASKDISK)

Harga Tidak Termasuk :

  • Tiket Penerbangan Kota Asal – Palu
  • Diving (IDR 550,000/DIVE for LICENSE ONLY)
  • Belanja Souvenir dll
  • Upgrade Resort
  • Alat Snorkeling
  • Tipping guide wajib nominal sukarela

F.A.Q (FREQUEST ASKED QUESTION)

  1. Berapa lama waktu tempuh dari Pelabuhan Ampana – Wakai ?

80-90 menit perjalanan

  1. Apakah ada listrik di Resort Kepulauan Togean ?

Tidak ada listrik di Kepulauan Togean. Listrik menyala menggunakan genset dari pukul 18.00 – 23.00

  1. Apakah ada penginapan AC di Resort Kepulauan Togean ?

Resort Kepulauan Togean tidak menyediakan AC

  1. Satu resort diisi berapa orang ?

2 orang

  1. Untuk tipping guide, berapa nominal yang harus diberikan dan harus diberikan ke siapa ?

Tipping guide bersifat wajib dengan nominal sukarela, Trip Santai tidak mematok nominal pasti dari tiap peserta. Untuk tipping biasanya diberikan ke Trip Leader, untuk selanjutnya di berikan secara proporsional ke Lokal Guide, ABK Kapal, dan warga lokal lainnya yang membantu kelancaran trip.

  1. Kalau saya ingin naik penerbangan selain LION AIR bisakah ?

Bisa dan biaya paket menyesuaikan harga tiket penerbangan. Untuk jadwal penerbangan kami selalu menggunakan LION AIR dengan kondisi waktu penerbangan sbb :

LION AIR

JT CGK PLW 05.00-08.35

JT PLW CGK 09.15-10.45

CARA DAFTAR

1. Pendaftaran dilakukan dengan DP 50% dari total biaya
2. Pendaftaran dibuka setiap saat/tidak ada batas waktu, tergantung akomodasi yang tersedia
3. Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah penuh
4. Pelunasan dilakukan H-7 keberangkatan
5. Pembayaran ditransfer ke rek
•    BCA an GINANJAR WIDYAPURWANA 731-028-3040
•    MANDIRI an GINANJAR WIDYAPURWANA 127-00-0752-9074
6. Konfirmasi pembayaran dikirim ke email tripsantai@yahoo.com atau via whatsapp ke 0812-8401-7719
7. Konfirmasi mengenai tour leader dan informasi teknis lainnya akan diberikan paling lambat sehari sebelum keberangkatan
8. Harga trip dapat berubah sewaktu-waktu jika ada perubahan ketentuan dari penyedia fasilitas atau karena kenaikan BBM

Pembatalan

1. Jika terjadi pembatalan oleh peserta, maka pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan/pindah trip/ganti tanggal, namun peserta bisa mencari orang pengganti (ganti nama)

2. Pembatalan karena Force Mejeure (bencana alam, cuaca buruk, kerusuhan/huru-hara, wabah penyakit dan keadaan memaksa lainnya), maka perjalanan dapat berubah/dibatalkan dan tidak ada pengembalian uang kepada peserta atas fasilitas yang tidak digunakan atau membebankan segala kerugian/ketidaknyamanan kepada pihak penyelenggara

(Force Majeure: suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindari sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya).

3. Peserta yang datang terlambat saat meeting point sehingga mengulur rencana perjalanan dari waktu yang sudah ditentukan dan membuat ketidaknyamanan bagi peserta lain, maka peserta yang terlambat dianggap mengundurkan diri dan tidak ada pengembalian pembayaran
 
4. Apabila jumlah quota minimal tidak terpenuhi, maka peserta akan diberikan pilihan :
•    Trip tetap dilaksakanan dengan penyesuaian harga
•    Peserta yang terdaftar akan di oper ke trip operator lain yang melaksanakan kegiatan ditanggal dan tempat yang sama dengan penyesuaian sesuai peraturan operator lain tersebut
•    Tamu dapat memilih alih ke fase lainnya untuk tempat yang sama
•   Klien dapat memilih ganti ke perjalanan tempat lain ditanggal yang sama atau tanggal yang berbeda dengan penyesuaian
 
5. Apabila terjadi pembatalan perjalanan dari pihak TRIPSANTAI maka pembayaran akan dikembalikan seluruhnya dengan dipotong biaya tiket kereta yang sudah terbeli dan tiket akan diserahkan ke peserta. Waktu proses refund maksimal H+14 dari tanggal berakhirnya kegiatan.

Tanggung Jawab

1. Pihak Trip Santai tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dituntut atas perubahan/pembatalan jadwal penerbangan, kerusakan/kehilangan/keterlambatan bagasi oleh maskapai penerbangan, hotel atau transportasi lainnya, kerusakan/kehilangan barang-barang pribadi milik peserta selama trip berlangsung dan perubahan/berkurangnya acara perjalanan akibat Force Mejeure

2. Peserta bertanggung jawab jika terjadi kehilangan alat sewa, seperti pelampung, snorkle, kaki katak dan mengganti dengan harga yang sesuai

3. Tamu harus mematuhi tour leader selama trip berlangsung dan tidak dapat membuat keputusan sepihak dalam bentuk apapun tanpa persetujuan dari pihak Trip Santai

4. Jika ada peserta yang membawa obat-obatan terlarang atau membuat kerusuhan sehingga membuat ketidaknyamanan bagi peserta lainnya selama trip berlangsung, maka pihak Trip Santai berhak mengeluarkan/memulangkan peserta tersebut tanpa ada pengembalian uang yang sudah dibayarkan