Tour Sumba Nusa Tenggara Timur

  • Duration: 5 days
  • Price: 3,150,000Rp

Pulau Sumba. Apa yang ada dalam benak pembaca ketika mendengar kata pulau Sumba? Ya, kain tenun khas Sumba. Kain tenun khas Sumba menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan. Ciri khas dan corak yang ada dalam sehelai kain ini mampu menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk mengunjungi pulau sumba. Namun, tau kah anda bahwa selain kain tenunnya yang indah, pulau Sumba juga memiliki tempat tempat dengan pemandangan alam yang tak kalah indah? Mari jelajahi Pulau Sumba bersama TRIPSANTAI

Open Trip Sumba, Jelajah Pesona Indonesia Timur bersama TRIP SANTAI

Open Trip Sumba adalah paket wisata TRIP SANTAI yang mengunjungi pulau sumba, sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia dengan luas wilayah 10.710km persegi dan titik tertinggi pulau ini ada pada gunung Wanggameti (1225m). Secara administratif Pulau Sumba terdiri dari 4 kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur.

Satu dari keempat kabupaten yang memiliki keistimewaan pada wisata alamnya yag masih murni dan jarang dikunjugni wisatawan adalah pada Kabupaten Sumba Barat Daya. Kabupaten Sumba Barat Daya ini memiliki tempat-tempat yang sangat indah dan dapat dijadikan tempat untuk menenangkan diri untuk siapa saja yang merasakan stres. Berikut ini wisata alam di Sumba Barat Daya yang sangat eksotik, namun jarang dikunjungi wisatawan :

  1. Danau Weekuri

Danau ini terletak di kawasan Kodi Utara. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata paling unik karena air di danau ini terasa asin, tidak seperti danau-danau lain yang airnya terasa tawar. Air danau ini terasa asin karena langsung dari laut. Air laut itu masuk ke sela gugusan karang yang membentangi danau sehingga membentuk lingkaran besar menyerupai kolam raksasa dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman tepi pantai.

Selain keunikan pada rasa airnya, di danau ini juga terdiri dari banyak sumber mata air sehingga warnanya bervariasi, ada yang cerah, agak hijau, dan gelap. Selain itu air di danau ini ada yang dingin dan juga ada yang hangat. Wisatawan juga bisa bebas mandi dan bereang di danau ini dengan segenap peraturan yang ada.

  1. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak terletak di Desa Kalena Ronggo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Lokasi Pantai Mandorak sangat tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan yang sangat sulit.

  1. Air Terjun Pabeti Likora

Pabeti Likora ini terletak di Ddesa Delo, Kecamatan Wawewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Air terjun ini merupakan air terjun betingkat tiga setinggi 20 meter. Air terjun ini berjarak kurang lebih 45 km dari pusat kota.

JADWAL OPEN TRIP

JANUARI 2017

FEBRUARI 2017

MARET 2017

HARI PERTAMA OPEN TRIP SUMBA

Jakarta – Bandara Tambolaka – Kampung Adat Ratenggaro – Pantai Pero

Tiba di Bandara Tambolaka Sumba Barat, Anda akan disambut oleh tour guide kami dan langsung kami antar untuk check in di Hotel kemudian makan siang.
Perjalanan hari ini kita buka dengan mengunjungi Kampung Adat Ratenggaro yang memiliki rumah adat dengan atap paling tinggi di Sumba, tidak lupa membawa buku bacaan anak ataupun buku tulis untuk di bagikan pada anak anak disana (program #1traveler1book ini tidak berbentuk paksaan).

Sore hari saatnya bersantai di pantai Pero melihat matahari terbenam di laut Samudera Hindia. Pantai dengan tebing tebing batu karang tajam yang selalu di hempas oleh ombak besar, harap selalu berhati-hati dengan ombak yang mendekat. Selesai menikmati sunset kita akan kembali ke Hotel untuk makan malam dan istirahat.

HARI KEDUA OPEN TRIP SUMBA

Danau Weekuri – Pantai Mandorak – Pantai Karoso – Tanjung Watu Maladong – Pantai Bwana

Setelah sarapan di Hotel dalam rangkaian tour open trip sumba, kita akan berangkat menuju Weekuri, yaitu danau air asin yang dangkal dan sangat bening, sangat cocok untuk berenang. Danau ini sangat fenomenal dan terkenal di sosial media, nikmati waktu Anda dan berenanglah untuk merasakan berenang di kolam alami bautan alam. Setelah itu Anda akan menuju pantai Mandorak, pantai ini sudah dimiliki oleh pihat asing, jika diijinkan masuk maka Anda bisa melihat kenapa pihak asing ingin memilik pantai ini.

Makan siang di bungkus untuk makan di pantai Karoso, pantai tempat nelayan setempat beraktifitas dan memancing. Selesai makan kita akan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Watu Maladong untuk melihat pantai dengan tebing-tebing yang indah dari ketinggian. Dari tanjung ini Anda dapat melihat pantai Bwana dengan batu bolong fantastis buatan alam dari kejauhan. Anda akan kami bawa turun menuju Pantai Bwana dengan trek yang tidak mudah karena harus menuruni tebing yang sedikit terjal, selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan. Setelah pantai Bwana kita akan kembali ke Hotel, makan malam di Hotel kemudia istirahat.

HARI KETIGA OPEN TRIP SUMBA

Check Out – Air Terjun Lapopu – Bukit Lai Lara – Tarimbang Sumba Timur

Sarapan pagi dan check out dari Hotel. Hari ini akan banyak menghabiskan waktu di perjalanan karena jarak temput yang sangat jauh. Tujuan pertama kita akan mengunjungi Air Terjun Lapopu yang terletak di Sumba Barat, air terjun yang tercurah bertingkat-tingkat di sepanjang tebing batu setinggi 70m dan merupakan yang terlebar di Sumba. Makan siang nasi kotak untuk makan di air terjun sambil menikmati air terjun Lapopu.

Disarankan untuk membawa baju ganti karena perjalanan akan di lanjutkan menuju Tarimbang yang terletak di bagian selatan Sumba Timur, membutuhkan waktu +/- 3 setengah jam dari air terjun Lapopu, kondisi jalan terjal dan menikung. Sebelum sampai di Tarimbang kita akan mampir di Bukit Lai Lara untuk istirahat sebelum memasuki jalan yang sempit dan penuh tikungan. Selesai berfoto dan istirahat di Bukit Lai Lara perjalanan segera di lanjutkan menuju The Sumba Paradise Resort, jika memungkinkan kita dapat menikmati sunset dari bukit resort ini. Makan malam disediakan oleh resort dalam rangkaian open trip sumba.

HARI KEEMPAT OPEN TRIP SUMBA

Pantai Tarimbang – Bukit Wairinding – Pandang Savana Purukambera – Pantai Walakiri

Pagi hari disambut udara yang sejuk dalam rangkaian tour open trip sumba, persiapkan diri untuk bermain di Pantai Tarimbang yang merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik untuk kegiatan surfing, pantai pasir putih yang landai dan memanjang yang di hempit tebing tinggi, sangat cocok untuk yang suka memandang dan mendengarkan suara deru ombak. Selesai bermain, perjalanan menuju kota Waingapu membutuhkan waktu +/- 2 setengah jam, sekalian kita akan mampir di Bukit Wairinding yang paling hits di Sumba, disini kita juga boleh membagikan buku untuk anak anak.

Makan siang di kota Waingapu berjarak +/- 24km dari bukit Wairinding, setelah itu kita melanjutkan perjalanan ke savana Purukambera jangan lewatkan momen seru melihat kuda kuda liar di padang savana. Bagi Anda yang ingin menikmati sunset di pantai WalaKeiri/Walakiri maka kita harus langsung melanjutkan perjalanan lagi. Pantai Walakiri terkenal dengan pohon bakau unik yang berdiri di pesisir pantai. Malam hari kami mengajak Anda kuliner seafood di dermaga lama kota Waingapu, kemudian check in di Hotel

HARI KELIMA  OPEN TRIP SUMBA

Check Out – Kampung Adat Prailiu – Bandara Umbu Mehang Kunda – Jakarta

Sarapan pagi dan check out dari Hotel langsung menuju Kampung Adat Prailiu yang terletak di tengah kota Waingapu, disini Anda boleh membeli tanda mata kain ikat dan juga mencoba pakaian adat Sumba Timur.

Setelah puas berbelanja dan bercerita dengan “mama mama” Rambu Sumba, kami akan langsung membawa peserta menuju Bandara Umbu Mehang Kunda. Tour open trip sumba usai.

Terima kasih sudah berpetualangan dengan Trip Santai, kami berharap untuk dapat bertemu dengan Anda di tanah Humba, semoga Anda bisa membagi cerita dan semangat Humba.

SUDAH TERMASUK

  • Transportasi AC (disesuaikan dengan jumlah peserta)
  • 2 malam di Hotel Sinar Tambolaka/Resort Rumah Budaya (Sumba Barat Daya)
  • 1 malam di Resort Peter Magic Tarimbang (Sumba Tengah)
  • 1 malam di Hotel Tanto atau setara (Sumba Timur)
  • Makan selama trip 12x
  • Air mineral
  • Tiket masuk wisata termasuk donasi
  • Guide
  • Program tour sesuai itinerary

TIDAK TERMASUK

  • Tiket pesawat (bisa dibantu untuk pembelian tiket)
  • Biaya asuransi pada saat tour
  • Biaya optional tour (overtime / di luar itinerari yang sudah ada)

Info seputar Sumba

  • Sumba adalah daerah yang masih banyak keterbatasan tidak semaju seperti daerah–daerah yang ada di Jawa khususnya. “Safety first and be responsible travel lads”
  • Untuk hotel atau penginapan jika kita bandingkan di jawa. Hotel paling bagus di Sumba adalah hotel bintang 1 atau 2 nya hotel yang ada di Jawa. Kecuali di Resort masih lebih bagus. Untuk fasilitas masih serba terbatas.
  • Untuk makanan di Sumba makanan juga tidak punya banyak pilihan seperti di kota kota besar. Jika kurang cocok dengan makanan buatan orang lokal, sebaiknya bawa bekal seperti abon atau snack-snack lainnya. Khususnya untuk anak kecil biasanya untuk makanan sedikit rewel.
  • Untuk transportasi di Sumba transportasi juga masih terbatas yang tersedia biasanya innova, avanza, panther, APV, dan beberapa bus pariwisata karena juga menyesuaikan jalanan yang ada di kota Sumba. Transportasi mewah sangat minim sekali. Terlebih untuk transportasi publik sangat jauh dari transportasi publik yang ada di kota-kota besar.

  • Kondisi jalan di Sumba masih banyak jalanan yang luput dari perhatian pemerintah. Banyak jalan yang tidak beraspal. Khususnya ketika perjalanan di Sumba Barat dan Barat Daya serta perjalanan ke Pantai Tarimbang. Peserta diharapkan membawa obat-obatan seperti minyak kayu putih, tolak angin biar tidak mual.
  • Cuaca di Sumba cuaca terkenal sangat panas, pada pertengahan tahun sangat dingin di malam hari.
  • Budaya & Tradisi, di Sumba masih sangat kental akan kepercayaan Marapu khususnya di Sumba Barat dan Barat Daya, diharapkan peserta menggunakan pakaian yang sopan khususnya ketika berkunjung di situs kebudayaan, keagamaan atau rumah adat. Dan selalu ikuti peraturan setempat.
  • Jarak tempuh dari satu destinasi ke destinasi lain sangat jauh bagi orang kota, bagi orang Sumba sendiri 1 jam perjalanan itu dibilang dekat.
  • Jangan memberi uang kepada anak kecil yang meminta karena akan merusak mental mereka, lebih baik selalu membawa permen atau makanan ringan untuk dibagikan
  • Kasus penyakit malaria di laporkan paling tinggi di Sumba bagian barat
  • Etika memfoto warga lokal terutama di Sumba Barat dan Barat Daya, jangan terlalu memaksa mereka
  • Jangan membuang sampah sembarangan!

Cara Daftar

  1. Pendaftaran dilakukan dengan DP 50% dari total biaya
  2. Dibuka setiap saat/tidak ada batas waktu, tergantung akomodasi yang tersedia
  3. Dan akan ditutup jika kuota sudah penuh
  4. Pelunasan dilakukan H-7 keberangkatan
  5. Pembayaran ditransfer ke rek
  • BCA an GINANJAR WIDYAPURWANA 731-028-3040
  • MANDIRI an GINANJAR WIDYAPURWANA 127-00-0752-9074
  1. Konfirmasi pembayaran dikirim ke email tripsantai@yahoo.com atau via whatsapp ke 0812-8401-7719
  2. Detail mengenai tour leader dan informasi teknis lainnya akan diberikan paling lambat sehari sebelum keberangkatan
  3. Harga trip dapat berubah sewaktu-waktu jika ada perubahan ketentuan dari penyedia fasilitas atau karena kenaikan BBM

PEMBATALAN

  1. Jika terjadi pembatalan oleh peserta, maka pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan/pindah trip/ganti tanggal, namun peserta bisa mencari orang pengganti (ganti nama)
  2. Pembatalan karena Force Mejeure (bencana alam, cuaca buruk, kerusuhan/huru-hara, wabah penyakit dan keadaan memaksa lainnya), maka perjalanan dapat berubah/dibatalkan dan tidak ada pengembalian uang kepada peserta atas fasilitas yang tidak digunakan atau membebankan segala kerugian/ketidaknyamanan kepada pihak penyelenggara 
  3. (Force Majeure: suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindari sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya).
  4. Peserta yang datang terlambat saat meeting point sehingga mengulur rencana perjalanan dari waktu yang sudah ditentukan dan membuat ketidaknyamanan bagi peserta lain, maka peserta yang terlambat dianggap mengundurkan diri dan tidak ada pengembalian pembayaran
  5. Apabila jumlah quota minimal tidak terpenuhi, maka peserta akan diberikan pilihan :
  • Trip tetap dilaksakanan dengan penyesuaian harga
  • Peserta yang terdaftar akan di oper keTO lain yang kegiatannya ditanggal & tempat yang sama dengan penyesuaian sesuai peraturan TO tersebut
  • Tamu dapat memilih alih ke fase lainnya untuk tempat yang sama
  • Klien dapat memilih ganti ke perjalanan tempat lain ditanggal yang sama atau tanggal yang berbeda dengan penyesuaian
  1. Apabila terjadi pembatalan perjalanan dari pihak TRIPSANTAI maka full refund dipotong biaya tiket kereta yang sudah terbeli 
  2. Waktu proses refund maksimal H+14 dari tanggal berakhirnya kegiatan.

Tanggung Jawab

  1. Pihak Trip Santai tidak bertanggung jawab & tidak dapat dituntut atas pembatalan penerbangan, kerusakan/kehilangan bagasi oleh maskapai, hotel/ transportasi lainnya. 
  2. kerusakan/kehilangan barang-barang pribadi milik peserta selama trip berlangsung dan perubahan/berkurangnya acara perjalanan akibat Force Mejeure.
  3. Peserta bertanggung jawab jika terjadi kehilangan alat sewa, seperti pelampung, snorkle, kaki katak dan mengganti dengan harga yang sesuai.
  4. Peserta harus mematuhi tour leader selama trip berlangsung.
  5. Jika ada peserta yang membawa obat-obatan terlarang maka Trip Santai berhak mengeluarkan peserta tersebut tanpa ada pengembalian uang.