Takabonerate Sulawesi Selatan

Takabonerate, sesuai dengan namanya, memiliki arti pulau karang di atas pasir. Jenis karang yang ada di kawasan ini ialah terumbu karang penghalang (barrier reef), terumbu karang tepi (fringing reef), dan terumbu karang cincin (atoll).
Ketiga jenis karang tersebut disusun oleh keanekaragaman hayati, mulai dari karang hidup, karang mati, alga, padang lamun, hingga gundukan pasir atau bungin (sand dunes). Karang inilah rumah bagi sedikitnya 362 spesies ikan karang, seperti dari famili Chaetodontidae, Labridae, Scaridae, dan 261 jenis karang.
Tak salah bila menyebut Takabonerate sebagai permata Sulawesi Selatan. Mari kunjungi dan jelajahi permata sulteng bersama Trip Santai

Takabonerate Selayar Sulawesi Selatan

Takabonerate, sesuai dengan namanya, memiliki arti pulau karang di atas pasir. Jenis karang yang ada di kawasan ini ialah terumbu karang penghalang (barrier reef), terumbu karang tepi (fringing reef), dan terumbu karang cincin (atoll).

Ketiga jenis karang tersebut disusun oleh keanekaragaman hayati, mulai dari karang hidup, karang mati, alga, padang lamun, hingga gundukan pasir atau bungin (sand dunes). Karang inilah rumah bagi sedikitnya 362 spesies ikan karang, seperti dari famili Chaetodontidae, Labridae, Scaridae, dan 261 jenis karang.

Datang ke Takabonerate berarti menyiapkan diri untuk wisata bahari yang menantang. Selain atol, di taman nasional terdapat 21 gugusan pulau yang tujuh di antaranya berpenghuni. Untuk menjelajahinya, satu-satunya pilihan tentu kapal kayu bermesin.

Salah satu tujuan di Takabonerate tentulah Pulau Tinabo Besar, suguhan wisata utama di kawasan ini. Dari kejauhan, dermaga kayu, deretan pulau kelapa, dan pasir putih selembut terigu seakan melambai-lambai untuk segera dihampiri.

Air jernih dan karang lunak bisa kita nikmati dengan mata telanjang. Tak heran Piotr Kordas pun tergoda langsung menjajal snorkeling di tempat ini.

Surga di Sulawesi Selatan

Dibandingkan dengan pulau lainnya, baru Pulau Tinabo besar yang sudah dilengkapi penginapan dan pos pemantauan yang dikelola Balai Taman Nasional Takabonerate. Bertolak dari sini, pengunjung bisa menuju ke-22 titik penyelaman untuk mengeksplorasi panorama bawah laut, termasuk melihat ikan hiu (Sphyrna spp) hingga kerapu dari jarak dekat.

Berbagai kegiatan juga disiapkan untuk mengisi waktu, seperti menanam pohon ketapang dan transplantasi karang. Keindahan pulau ini bahkan bisa dinikmati dengan berjalan menyusuri pantai seluas lima hektar ini.

Tinabo Besar adalah pilihan jika ingin menenggelamkan diri dalam kedamaian pulau. Pengunjung bisa mengambil paket wisata yang ditawarkan Balai TN Takabonerate dengan tarif Rp 800.000-Rp 1 juta per hari. Ini sudah termasuk biaya transportasi dari Benteng ke Tinabo, akomodasi, konsumsi, dan pengantaran ke titik penyelaman. Beberapa agen wisata yang dikelola pengusaha asing pun menawarkan paket serupa, tetapi tentu dalam kurs dollar AS.

Jika menginginkan liburan yang berkesan, tinggallah di rumah penduduk untuk menyelami keseharian suku Bugis dan Bajoe yang menetap di pulau. Beberapa pulau yang umumnya dikunjungi turis ialah Pulau Jinato dan Pulau Rajuni.

Pulau Jinato dihuni 1.327 penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Tempat ini pula yang menjadi tuan rumah Festival Takabonerate. Penduduk menerima tamu yang datang untuk menginap di rumah mereka. Pada waktu senggang, Anda bisa bercengkerama dengan penduduk yang dengan senang hati akan menyuguhkan kopi atau teh.

Mari Kunjungi Takabonerate bersama Trip Santai

Schedule

JADWAL OPEN TRIP

5 – 9 OKTOBER 2017

HARI PERTAMA (L/D)

Jam 13.00 bertemu di Meeting point kota Benteng Selayar (kalau naik Ferry), jam 10.00 di Bandara Selayar (kalau tamu naik pesawat), makan siang di kota Benteng dan lanjut ke pelabuhan Pattumbukan (2 jam) untuk start menuju pulau tinabo Taka Bonerate dimana kita akan menginap (perjalanan sekitar 4-5 jam). Selanjutnya istirahat setelah makan malam

HARI KEDUA (B/L/D)

Di pagi hari akan hunting sunrise berkeliling pulau sebelum sarapan, bermain dengan baby shark dan lanjut snorkeling di sekitar dermaga Tinabo (acropora point dan corina corner). Setelah makan siang dilanjutkan snorkling di Tarupa kecil/Tinanja. lanjut ke Bunging Tinabo. Menuju pulau Rajuni untuk menginap di Homestay/Pos Rajuni.

HARI KETIGA (B/L/D)

Hari ini kita akan menuju beberapa pulau serta spot snorkeling, yaitu: Pulau Tinabo Kecil, snorkeling di depan pulau Latondu dan snorkeling di latondu kecil. Menjelang sore, kembali ke Pulau Rajuni.

HARI KEEMPAT (B/L/D)

Hari ini kita akan menuju beberapa pulau serta spot snorkeling, yaitu: Pulau Tinabo Kecil, snorkeling di depan pulau Latondu dan snorkeling di latondu kecil. Menjelang sore, kembali ke Pulau Rajuni.

HARI KELIMA (B)

Perjalanan pulang menuju Makassar/ Jakarta. Tour selesai

SUDAH TERMASUK

• Private car AC selama di Selayar
• Carter kapal ke kawasan Taka Bonerate dan Selayar
• Penginapan AC 1 malam di Selayar
• Penginapan 3 malam di pulau Taka Bonerate
• Biaya perizinan masuk kawasan Taka Bonerate
• Makan selama di selayar dan Takabonerate
• Local guide
• Alat Snorkling
• Dokumentasi underwater (copy file)
• Life Jacket

TIDAK TERMASUK

• Transportasi dari dan ke Makassar
• Makan selain di Selayar dan Taka Bonerate
• Transportasi dari kota asal ke Makassar dan sebaliknya.
• Snack
• Diving : 700.000,-/ orang (2 x dive) minimal peserta 3 orang.


Cara Daftar

  1. Pendaftaran dilakukan dengan DP 50% dari total biaya
  2. Dibuka setiap saat/tidak ada batas waktu, tergantung akomodasi yang tersedia
  3. Dan akan ditutup jika kuota sudah penuh
  4. Pelunasan dilakukan H-7 keberangkatan
  5. Pembayaran ditransfer ke rek
  • BCA an GINANJAR WIDYAPURWANA 731-028-3040
  • MANDIRI an GINANJAR WIDYAPURWANA 127-00-0752-9074
  1. Konfirmasi pembayaran dikirim ke email tripsantai@yahoo.com atau via whatsapp ke 0812-8401-7719
  2. Detail mengenai tour leader dan informasi teknis lainnya akan diberikan paling lambat sehari sebelum keberangkatan
  3. Harga trip dapat berubah sewaktu-waktu jika ada perubahan ketentuan dari penyedia fasilitas atau karena kenaikan BBM

PEMBATALAN

  1. Jika terjadi pembatalan oleh peserta, maka pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan/pindah trip/ganti tanggal, namun peserta bisa mencari orang pengganti (ganti nama)
  2. Pembatalan karena Force Mejeure (bencana alam, cuaca buruk, kerusuhan/huru-hara, wabah penyakit dan keadaan memaksa lainnya), maka perjalanan dapat berubah/dibatalkan dan tidak ada pengembalian uang kepada peserta atas fasilitas yang tidak digunakan atau membebankan segala kerugian/ketidaknyamanan kepada pihak penyelenggara 
  3. (Force Majeure: suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindari sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya).
  4. Peserta yang datang terlambat saat meeting point sehingga mengulur rencana perjalanan dari waktu yang sudah ditentukan dan membuat ketidaknyamanan bagi peserta lain, maka peserta yang terlambat dianggap mengundurkan diri dan tidak ada pengembalian pembayaran
  5. Apabila jumlah quota minimal tidak terpenuhi, maka peserta akan diberikan pilihan :
  • Trip tetap dilaksakanan dengan penyesuaian harga
  • Peserta yang terdaftar akan di oper keTO lain yang kegiatannya ditanggal & tempat yang sama dengan penyesuaian sesuai peraturan TO tersebut
  • Tamu dapat memilih alih ke fase lainnya untuk tempat yang sama
  • Klien dapat memilih ganti ke perjalanan tempat lain ditanggal yang sama atau tanggal yang berbeda dengan penyesuaian
  1. Apabila terjadi pembatalan perjalanan dari pihak TRIPSANTAI maka full refund dipotong biaya tiket kereta yang sudah terbeli 
  2. Waktu proses refund maksimal H+14 dari tanggal berakhirnya kegiatan.

Tanggung Jawab

  1. Pihak Trip Santai tidak bertanggung jawab & tidak dapat dituntut atas pembatalan penerbangan, kerusakan/kehilangan bagasi oleh maskapai, hotel/ transportasi lainnya. 
  2. kerusakan/kehilangan barang-barang pribadi milik peserta selama trip berlangsung dan perubahan/berkurangnya acara perjalanan akibat Force Mejeure.
  3. Peserta bertanggung jawab jika terjadi kehilangan alat sewa, seperti pelampung, snorkle, kaki katak dan mengganti dengan harga yang sesuai.
  4. Peserta harus mematuhi tour leader selama trip berlangsung.
  5. Jika ada peserta yang membawa obat-obatan terlarang maka Trip Santai berhak mengeluarkan peserta tersebut tanpa ada pengembalian uang.