081284017719
081291075080
576D2B5A

CV Wisata Santai Indonesia

4 Spot Terbaik di Karimun Jawa

Monday, August 29th 2016.

Pariwisata Indonesia mulai menunjukkan geliatnya beberapa tahun terakhir ini. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya destinasi wisata baru yang mulai menunjukkan eksitensinya. Dari semula daerah yang kurang dikenal kini beberapa daerah di Indonesia mulai jamak diperbincangkan di dunia maya.

Satu tempat yang kian mengkilap ketenarannya adalah Karimunjawa. Selama beberapa tahun terakhir kawasan ini mampu menyedot banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara khususnya mereka yang suka menghabiskan liburannya di air.

Karimunjawa sendiri terdiri dari 27 pulau cantik dan menjadi tujuan snorkeling para wisatawan. Namun dari sekian banyak pulau terdapat 4 spot snorkeling yang mendunia di Karimunjawa, berikut spot-spot snorkeling di Karimunjawa mulai dari yang terdekat.

1.Pulau Menjangan Kecil

Spot pertama dan terletak paling dekat dari Pulau Karimunjawa adalah di Pulau Menjangan Kecil. Letaknya hanya sekitar lima menit perjalanan dengan menggunakan speedboat sehingga sangat mudah dijangkau. Speedboat bisa traveler dapatkan dengan cara menyewa pada penyedia jasa speedboat di Pulau Karimunjawa.

assets.kompas.com_

Foto via Kompas

Di perairan pulau ini traveler bisa bermain dengan aneka ikan warna-warni termasuk ikan nemo seperti di film-film. Bermain di spot snorkeling Menjangan Kecil sangatlah menyenangkan sebab ikan-ikan di sana tidak takut manusia, mereka malah suka mengerumuni penyelam. Selain itu alam bawah laut di sana juga eksotis dengan terumbu karang yang masih terjaga.

2.Pulau Cemara Kecil

Spot snorkeling berikutnya berada di lokasi yang agak jauh dari Pulau Menjangan Kecil, namanya Pulau Cemara Kecil. Di sini juga terdapat spot snorkeling yang keren dimana Anda bisa bermain dengan ikan nemo kecil yang imut seperti yang bisa ditemukan di perairan Menjangan Kecil.

Spot yang paling keren adalah di tengah laut antara Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil. Di lokasi itu Anda bisa langsung nyebur ke laut sebab spot ini berada di lepas pantai. Kagiatan lain selain snorkeling adalah jalan-jalan di gosong, sebuah daratan yang menjorok pada sebuah perairan.

3.Pulau Tengah

Lebih jauh lagi dari pulau utama Karimunjawa Besar terdapat Pulau Tengah. Alam bawah laut pulau ini bisa Anda temukan di sebelah kiri dermaga. Di sana Anda bisa menjumpai barisan terumbu karang yang tumbuh tinggi seperti tembok. Saking tingginya karang ini bisa muncul ke permukaan saat laut sedang surut.

Atraksi lain yang bisa dinikmati traveler adalah bermain dengan hiu di penangkarannya. Ya, pulau ini juga memiiki penangkaran hiu seperti di Pulau Karimunjawa Besar. Hiu yang ada dipenangkaran ini berjenis Black Tip, jumlahnya pun tidak sebanyak yang ada di Karimunjawa Besar.

4.Pulau Kecil

Pulau Kecil berada tidak jauh dari Pulau Tengah atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan speedboat dari pulau utama Karimunjawa Besar. Pulau ini menyimpan alam bawah laut paling indah diseluruh kawasan Karimunjawa. Bahkan banyak yang bilang jika terumbu karang di sana tergolong sangat sehat.

Foto by Faela Shafa

Foto by Faela Shafa

Saat menceburkan diri ke dalam laut Anda akan disuguhkan jajaran terumbu karang yang indah dan padat seolah-olah sebuah hutan bawah laut. Di dalam laut Pulau Kecil ini Anda bisa menemukan ukuran karang jumbo dengan ukuran tiga hingga lima kali tubuh manusia dewasa. Ada pula yang tumbuh menjulang ke atas hingga hampir menyentuh permukaan. Keren!

Nah, buat traveler yang tertarik untuk menjelajahi alam bawah laut Karimunjawa sebaiknya mempelajari kondisi cuaca juga pasalnya perairan di sana mudah terkena ombak tinggi kala cuaca buruk sedang melanda. Pastikan juga untuk berkomunikasi dengan guide lokal yang paham betul kondisi di sana.[TRIPSANTAI]


SUMBER BERITA